Tuesday, May 8, 2007

Menanam Padi?

Hari Jumat, 27 April 2007, saya dan anak-anak kelas tiga, pergi ke TamanBuah Mekarsari di Cileungsi. Kami kesana karena kami ingin mengetahui bagaimana cara menanam padi dan menangkap ikan tanoa memakai alat apa pun.

Aku akan menceritakan bagaimana akhirnya kami jadi berlumpuran.

Sewaktu kami ingin menanam padi, aku melihat sawah yang berwarna coklat tua, bagaikan warna kerbau. kita berbaris. Kami diajarkan bagaiman caranya menanam padi. Waktuaku meluncur masuk ke dalam lumpur yang bau itu, pelan-pelan, aku mencium bau seperti selokan yang tak pernah dibersihkan selama bertahun-tahun. Sewaktu aku menapakkan kakiku di sawah itu, rasanya seperti menginjak bubur yang sudah busuk dan bau sekali. Ternyata, menanam padi tidak terlalu susah. Kami harus membariskan padinya dengan jarak 10 sampai 20 centimeter.

Setelah menanam padi selesai, aku keluar dari lumpur yang menjijikanitu. Mulailah teman-temanku berperang lumpur. Hampir semua teman-temanku ikutan. Aku dipaksa oleh temanku, Kim untuk ikutan. Ya, sudah, akhirnya aku ikutan dan bajuku jadi kotor deh!

Itu adalah refleksi tentang Taman Buah Mekarsari memakai bahasa Indonesia.

No comments: